Sabtu, 26 November 2016

7 Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Lakukan


Dimana tidak sedikit orang yang hingga saat ini belum tahu tentang caranya menjalani gaya hidup atau pola hidup yang sehat..

Kalau diperhatikan pada orang yang menjalani gaya hidup yang buruk, mengakibatkan orang tersebut menjadi amat menderita, karena sering mengalami sakit atau minimal mengalami penurunan kondisi kesehatan tubuh.

Sehingga aktivitas yang dilakukan sehari-hari menjadi tidak maksimal dijalankan, selain itu juga menjadi mudah tersulut emosinya.

Untuk itu, hal yang penting untuk mengetahui gaya hidup sehat, agat tubuh tetap sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Terdapat banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan untuk bisa menjalankan gaya hidup yang sehat, kemudian juga perlu melakukannya secara rutin nantinya.

Akan tetapi kalau kita perhatikan dari hari ke hari, justru gaya hidup sehat semakin ditinggalkan oleh banyak orang, apalagi anak muda sekarang yang merupakan penerus generasi bangsa, sukanya yang serba instan...

Mulai dari pola makannya, pola tidur, pola pikir, hingga dalam masalah gaya hidup pengennya yang instan-instan, sehingga jauh sekali dari kata sehat.


Gaya hidup yang buruk seperti...

Yang sudah menjadi kenyataan di masyarakat, kalau kita lihat banyak yang lebih suka untuk menyantap mie instan (dengan penuh bahan kimanya) dari pada makan sayur lalapan (yang sehat karena berisi sayuran hujau).

Kemudian, banyak yang lebih suka begadang nonton DVD dari pada tidur di waktu yang lebih awal.

Yang nantinya, manfaat tidur di waktu yang baik (jam 8-9 malam) agar dapat bangun lebih pagi ketika waktu shubuh.

Hal negatif lainnya, banyak yang lebih suka nongkrong nggak jelas disana-sini dibandingkan dengan membaca buku bermanfaat yang akan menambah pengetahuannya

Gaya hidup sehat yang perlu Kamu lakukan sehari-hari

Hal seperti disebutkan diatas menunjukan bahwa godaan untuk melakukan hal-hal yang negatif memang jauh lebih besar, karena memang sangat sesuai dengan hawa nafsu orang.

Cobalah membuat daftar kebiasaan sehari-hari, kemudain bandingkan kegiatan negatif dengan kegiatan positif yang dilakukan, mana yang lebih banyak?

Yang sangat diharapkan anak-anak muda dapat lebih peduli dengan gaya hidup yang sehat, sehingga nantinya tidak menyesal sakit-sakitan ketika sudah tua.

Berikut di baawh ini beberapa gaya hidup sehat yang perlu untuk Kamu dilakukan sehari-hari:

1. Tidur yang cukup

Tidur adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, terutama untuk tidur malam adalah hak tubuh yang harus dipenuhi pada setiap harinya.

Sehingga dengan tidur yang cukup akan memberikan tubuh menjadi segar di pagi hari esoknya, terutama bagi buruh di perusahaan yang bekerja dengan aktivitas fisik yang tinggi, maka sangat membutukan kondisi tubuh yang fit.

Untuk waktu tidur yang dianjurkan yaitu jam jam 9 sampai jam 4 pagi atau waktu shubuh, dimana ini adalah waktu tidur yang sangat sehat bagi tubuh.

Manfaat tidur di awal malam

Menyehatkan Jantung
Para peneliti di Jepang memberikan hasil penelitiannya, bahwa seseorang yang tidur melebihi tengah malam akan mengalami resiko tinggi berupa pengerasan pada pembuluh darahnya jika dibandingkan orang yang tidur lebih awal. Dimana pengerasan pembuluh darah dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya yaitu penyakit jantung.

Tidur Pulas
Membiarkan diri tidur larut malam adalah hal yang buruk. Dan lebih buruk lagi jika membiarkan dirinya terus menerus tidur di larut malam, karena beresiko tinggi terserang insomnia yaitu sebuah penyakit yang membuat kita susah tidur. Sehingga, berusahalah... untuk memaksakan diri untuk tidur di awal malam, jangan di waktu larut malam.

Lebih Bugar dan Produktif
Kebugaran dan produktif ini bisa dengan mudah Kamu peroleh dengan tidur yang nyenyak dan berkulitas di malam sebelumnya. Dimana seseorang yang tidur lebih awal terbukti memperoleh energi yang lebih di pagi harinya.

Memperbaiki kualitas berfikir otak
Sebuah penelitian menemukan, bahwa tidur lebih awal terbukti bermanfaat untuk memudahkan seseorang dalam berfikir, sehingga mampu dengan baik dalam menyelesaikan semua pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

2. Sarapan pagi yang sehat

Sarapan menjadi kunci utama untuk memulai hari melakukan berbagai aktivitas yang padat, dimana menu sarapan yang paling tepat dan sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat.

Kemudian di waktu sarapan, jangan berlebihan mengkonsumsi karbohidrat, karena malah dapat mengakibatkan tubuh menjadi mengantuk.

Sarapan Lebih Penting Dari Makan Siang Dan Malam

Sarapan adalah rahasia untuk tetap sehat, demikian penjelasan Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School.

Penelitian yang dilakukan tim dari Dr. Pereira menemukan hasil bahwa orang-orang yang sarapan pagi dengan rutin cenderung lebih sehat dari pada yang tidak melakukannya.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan serangan jantung.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.500 partisipan untuk menganalisa pola makan mereka.

Dr. Pereira dan timnya menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan sarapan maka memiliki resiko yang kecil menderita obesitas daripada yang tidak sarapan.

Kemudian, dengan memiliki kebiasaan sarapan di pagi hari akan menurunkan resiko tubuh terkena penyakit gula darah dan kolesterol, serta juga membantu tubuh terhindari dari penyakit diabetes dan serangan jantung.

Dimana brdasarkan penjelasan dari tim peneliti, bahwa sarapan membantu untuk menstabilkan kadar gula darah, karena sarapan juga membuat seseorang mampu dengna baik dalam mengendalikan nafsu makan.

“Hasil penelitian kami membuktikan sarapan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, ini kenapa sarapan adalah makanan paling penting,” ujar Dr. Pereira.

3. Jangan lupa untuk rajin berolahraga

Dimana tubuh yang jarang digerakan, atau memiliki sifat malas berolahraga maka sama saja dengan menabung penyakit di dalam tubuh, padahal olahraga tidak perlu yang berat-berat,

Kamu bisa melakukan olahraga santai seperti jogging, bersepeda, atau bermain basket dan lainnya,

Kamu hanya perlu olahraga di pagi hari sekiar 15-20 menit, akan tetpai lakukan secara rutin.

4. Banyak minum air putih

Mengapa air putih? karena air putih sangatlah sehat, dimana yang cukup menyedihkan bahwa banyak anak muda sekarang ini lebih suka untuk minum-minuman yang berwarna dan raanya manis, atau yang juga sangat sering dikonsumsi adalah minuman bersoda...

Sesekali boleh saja meminum minuman seperti itu karena memang rasanya lezat, akan tetapi yang paling utama adalah minum ai putih.

Dimana air putih memiliki banyak manfaat kesehatan yang utama untuk tubuh, karena tubuh memerlukan cairan untuk berbagai hal kebutuhan tubuh seperti untuk proses metabolisme, cadangan air di dalam tubuh, kesehatan dan kelancaran proses pencernaan, serta mempertahankan kondisi kelembaban kulit.

Selain itu dengan minum air putih untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit.

5. Senyum

Cara yang paling mudah agar Kamu disenangi banyak orang yaitu dengan membiasakan diri tersenyum, dimana manfaatnya bukan hanya untuk orang lain karena senang melihat orang tersenyum, manfaatnya juga unutk diri sendiri karena dengan tersenyum dapat membuat suasana hatimu menjadi membaik.

Dimana senyum terbukti dapat menyehatkan jiwa dan tubuh. Untuk itu jangan sampai kita sudah pelit bersedekah, ternyata juga pelit seyum, sungguh keburukan diatas keburukan.

Manfaat Senyum bagi Kesehatan

Para ilmuwan menemukan hasil pennelitian bahwa tersenyum bisa membantu menurunkan kadar stres dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah riset di University of Kansas meneliti tentang besarnya manfaat dari tersenyum, dengan melihat berbagai jenis senyum dan kepedulian terhadap senyuman. Dimana senyum mampu mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatasi stres yang dihadapinya.

“Peribahasa lama mengatakan, 'tahanlah rasa sakit tanpa mengeluh', telah menunjukkan bahwa tersenyum tidak hanya penting untuk indikator kebahagiaan nonverbal, tetapi juga menjanjikan obat bagi semua jenis masalah yang membuat stres,” ujar Tara Kraft, seperti dikutip Daily Mail.

“Kami meneliti apakah peribahasa ini mempunyai efek ilmiah, yakni apakah tersenyum benar-benar memiliki hubungan dengan kesehatan.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersenyum memang memilih pengaruh pada ksehatan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil bahwa emosi positif bisa membantu selama masa stres dan tersenyum bisa mempengaruhinya (untuk mengatasi stres dan depresi). Namun, penelitian seperti ini baru pertama kalinya, yang tujuannya untuk mengetahui dampak senyum pada kadar stres.

Untuk penelitian, maka para ilmuwan merekrut 169 partisipan dari Midwestern University.

Riset ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu latihan dan pengujian.

Dalam latihan, partisipan dibagi menjadi tiga kelompok dan dilatih melakukan berbagai jenis ekspresi wajah.

Pada tahap pengujian, partisipan diminta untuk melakukan berbagai aktivitas sekaligus dan aktivitas yang cukup sulit, yang tidak mereka ketahui akan membuat stres.

6. Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Hal yang penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan dibutuhkan tubuh, berupa buah-buahan, makanan pokok, sayur-sayuran, lauk pauk seperti ikan dan lainnya, serta susu, atau bisa juga mengkonsumsi madu, karena manfaat madu yang sangat besar.

Hindari atau minimalisir berbagai makanan dengan model junk food, makanan instan dan semacamnya.

7. Perhatikan waktu kerja Kamu

Dimana maksimal waktu bekerja adalah 10 jam dalam sehari, apabila sampai lebih dari itu (apalagi jika kenis pekerjaan cukup menguras fisik) maka dapat menganggu keseimbangan tubuh, yang membuat Kamu terkena beberapa masalah kesehatan.

Jauhi Rokok dan minuman beralkohol 

Jika Kamu serius ingin sehat, dimana tidak diragukan lagi kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

Hal ini sudah menjadi kesepakatan pada ahli kesehatan dan dokter, sehingga untuk Kamu yang termasuk perokok, maka perlu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa berhenti merokok, caranya kurangi sedikit-demi-sedikit konsumsi rokok Kamu hingga akhirnya dapat berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar