Sabtu, 26 November 2016

35 Tips Untuk Hidup Sehat


Seberapa sehat diri anda? Apakah anda memiliki pola makan yang sehat? Apakah anda berolahraga secara teratur? Apakah anda minum setidaknya 8 gelas air sehari? Apakah anda cukup tidur setiap hari?

Tubuh kita laksana tempat suci, dan kita perlu merawatnya agar mendapatkan kehidupan yang sehat. Pikirkan tubuh anda sebagai ‘rumah’ anda yang akan membawa anda melalui kehidupan. Jika anda berulang kali menyalahgunakannya dengan makanan yang tidak sehat, ‘rumah’ anda akan cepat aus. Meskipun anda mungkin terlihat baik-baik saja di luar, namun di dalam, pembuluh darah semakin tersumbat dengan kolesterol dan plak. Itu jelas tidak terlihat cantik!

Hidup ini indah dan anda tidak ingin diganggu dengan masalah kesehatan yang tidak perlu. Hari ini, organ vital anda (ginjal, jantung, paru-paru, empedu, hati, perut, usus, dll) dapat bekerja dengan baik, tetapi mungkin tidak untuk keesokan hari. Jangan mempertaruhkan hidup sehat anda hari ini. Lakukan perawatan yang tepat untuk tubuh anda.

Kesehatan yang baik bukan sekedar makan sehat dan olahraga – namun termasuk juga memiliki kesehatan mental yang positif, citra diri dan gaya hidup yang sehat. Berikut adalah tips untuk hidup lebih sehat, yang saya yakin jika hal ini dijalani anda akan mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik.

35 Tips Hidup Sehat
1. Minum lebih banyak air. Sebagian besar dari kita tidak minum cukup air setiap hari. Air sangat penting bagi tubuh kita, mengingat 80% tubuh kita terdiri dari air. Air diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh kita, membuang sampah serta membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita kehilangan air setiap hari melalui urin, buang air besar, keringat dan pernapasan, kita perlu mengisi kembali asupan air kita.

Lebih lanjut, minum lebih banyak air dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan Health.com pada orang-orang yang gemuk/kelebihan berat badan menunjukkan bahwa peminum banyak air kehilangan 4,5 kilo lebih dibanding kelompok yang minum sedikit air. Para peneliti percaya bahwa minum lebih banyak air dapat membantu mengisi perut anda, membuat anda sedikit kenyang sehingga menghindari makan berlebihan.

Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor seperti kelembaban, aktivitas fisik, dan berat badan anda, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air! Karena asupan makanan menyumbang sekitar 20% dari asupan cairan kita, itu berarti kita harus minum sekitar 2,0-3,0 liter air, atau sekitar 8-10 gelas (nah sekarang anda tahu darimana rekomendasi 8 gelas muncul). Salah satu cara untuk mengetahui apakah anda terhidrasi – urin anda harus tidak berwarna atau sedikit kuning. Jika tidak, anda tidak mendapatkan cukup air! Tanda-tanda lain meliputi: bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segera minum segelas air terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan artikel ini! :)

2. Cukup tidur. Bila anda tidak beristirahat dengan baik, anda mengkompensasi dengan makan lebih banyak. Biasanya itu adalah junk food. Cukup istirahat dan anda tidak perlu snack untuk tetap terjaga. Selain itu, kurang tidur menyebabkan penuaan dini, dan anda jelas tidak menginginkan hal itu.

3. Meditasi. Meditasi menenangkan pikiran dan jiwa anda. Jika anda tidak tahu bagaimana cara bermeditasi, jangan khawatir – silahkan buka artikel Bagaimana Melakukan Meditasi: 10 Tips Penting.

4. Olahraga. Tips hidup sehat berikut ini mungkin anda sudah bosan mendengarnya. Namun hal ini memang penting. Anda harus melakukan olahraga! Bukan hanya beberapa kali seminggu, tapi setiap hari. Hidup adalah bergerak. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan usia hidup, menurunkan risiko terkena penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Selain itu, perbanyak aktivitas-aktivitas dalam hidup anda. Pilih berjalan dibanding menggunakan alat transportasi untuk jarak dekat. Naiki tangga, bukan menggunakan lift. Bergabung dengan beberapa kelas aerobik.

5. Pilihlah salah satu bidang olahraga yang anda sukai. Ketika anda menikmati olahraga, anda secara alami ingin melakukannya terus. Olahraga bukan tentang penderitaan dan tekanan pada diri anda sendiri; itu adalah tentang menjadi sehat dan bersenang-senang pada saat yang sama. Menambahkan variasi dalam latihan anda akan membuatnya semakin menarik.

6. Mengolahragakan berbagai bagian tubuh anda. Jangan hanya melakukan latihan kardio (seperti jogging). Berikan latihan yang tepat untuk seluruh bagian tubuh anda. Olahraga seperti basket, sepak bola, renang, tenis, squash, badminton termasuk ke dalam olahraga yang menggerakkan berbagai macam otot yang berbeda.

7. Makan lebih banyak buah. Salah satu hidup sehat adalah tentang apa yang anda makan. Buah-buahan adalah sumber besar vitamin dan mineral. Apakah anda tahu bahwa jeruk menawarkan manfaat kesehatan lebih dari pil vitamin C? Menelan suplemen sintetis tidak sama dengan mengkonsumsi makanan yang berasal langsung dari alam. Isi perut anda dengan berbagai macam buah bergizi seperti semangka, aprikot, alpukat, apel, anggur, kiwi, jambu, pepaya, dan stroberi.

8. Makan lebih banyak sayuran. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran penting bagi kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah / sayuran, dan sayangnya kebanyakan orang bahkan tidak mendapatkan setidaknya 5 porsi! Masukkan sayuran favorit anda dalam diet anda hari ini.

9. Pilih makanan berwarna cerah. Buah-buahan dan sayuran dengan warna cerah biasanya tinggi kandungan anti-oksidan. Anti-oksidan baik untuk kesehatan karena mereka menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh kita. Dapatkan buah-buahan dan sayuran dengan berbagai warna: putih (pisang, jamur), kuning (nanas, mangga), oranye (jeruk, pepaya), merah (apel, stroberi, tomat, semangka), hijau (jambu, alpukat, ketimun, selada, seledri), ungu / biru (berry, terong, plum).

10. Mengurangi makanan olahan. Hidup sehat juga adalah tentang mengurangi makanan olahan. Makanan olahan tidak baik karena (1) banyak gizi yang hilang (2) pengawet yang buruk bagi kesehatan. Banyak makanan olahan juga mengandung kadar garam yang tinggi, yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Makanan olahan adalah sesuatu yang tidak dalam bentuk mentah. Secara umum, sebagian besar makanan di supermarket adalah makanan olahan – semakin banyak bahan pada label, semakin banyak makanan tersebut mengalami pengolahan. Kurangi konsumsi makanan olahan dan beralih pada makanan alami sebanyak mungkin.

11. Bertelanjang kaki. Ada banyak manfaat positif yang terbukti dengan bertelanjang kaki ketika berjalan / berlari, seperti postur yang lebih baik dan lebih sedikit stres untuk kaki anda.

12. Menjauhkan diri dari orang-orang negatif dalam kehidupan anda. Mental positif adalah bagian penting dari hidup sehat. Anda tidak perlu orang-orang beracun dalam hidup anda. Jika anda merasa bahwa seorang teman terlalu kritis atau negatif, biarkanlah dia pergi.

13. Mengeluarkan hal-hal negatif dari dalam diri. Anda juga tidak memerlukan hal negatif dari dalam diri anda sendiri. Dengarkan pikiran yang muncul dalam pikiran anda dan singkirkan pikiran negatif yang anda dengar.

14. Perbaiki postur tubuh anda. Apa hubungan hidup sehat dengan postur tubuh? Ternyata postur tubuh yang baik, seperti tidak membungkuk, akan meningkatkan proses bernafas anda (lihat tip #16) serta membuat anda terlihat lebih cerdas dan menarik.

15. Hindari makanan yang merangsang. Makanan yang merangsang bagi setiap orang berbeda-beda, namun umumnya adalah permen, coklat, keripik, kue, atau apa pun dengan kadar gula, garam, lemak atau tepung yang tinggi. Makanan ini menyebabkan ketidakseimbangan gula darah, sehingga merangsang seseorang untuk makan lebih banyak. Apa saja makanan pemicu anda? Identifikasi mereka dan hapus dari diet anda.

16. Tarik nafas dalam-dalam. Oksigen merupakan sumber yang vital bagi kehidupan. Anda mungkin mengetahui bagaimana bernapas, tetapi apakah anda bernapas dengan benar? Sebagian besar dari kita tidak bernapas dengan benar – kita hanya mengambil nafas dangkal dan dengan 1/3 dari kapasitas paru-paru. Para atlet dilatih teknik pernapasan yang tepat untuk mendapatkan performa terbaik mereka. Sebuah nafas dalam adalah di mana paru-paru anda benar-benar penuh, perut anda dan ada sedikit gerakan di bahu anda.

17. Hindari makan secara emosional. Makan emosional adalah makan karena pemenuhan emosi dibanding rasa lapar. Apakah anda makan saat anda merasa stres, down atau frustasi? Apakah anda mencari makanan keluar ketika anda menemukan diri anda mandek di tempat kerja? Jika ya, kemungkinannya adalah anda mengalami makan emosional. Makan emosional tidak akan membuat anda merasa bahagia, karena anda mencoba untuk mengisi kekosongan yang tidak ada hubungannya dengan makanan. Makanan tidak memberikan cinta atau kebahagiaan; itu hanyalah makanan. Mengapa anda meraih makanan ketika anda stres? Carilah penyebabnya sampai ke akar masalah dan setelah itu temukan cara untuk mengatasinya.

18. Makan dalam porsi kecil. Pilih beberapa makanan kecil dibanding beberapa makan besar dalam sehari. Hal ini akan mendistribusikan energi anda secara merata. Secara umum, makan ketika anda merasa lapar, dan berhenti ketika anda merasa penuh. Anda tidak perlu menunggu sampai waktu makan resmi sebelum anda mulai makan. Dengarkan perut anda dan apa yang diberitahukannya pada anda. Hidup sehat bukan saja tentang apa yang anda makan, namun berapa banyak yang anda makan.

19. Pilih karbohidrat coklat dibanding karbohidrat putih. Karbohidrat putih adalah biji-bijian halus seperti nasi putih, pasta, roti putih, kerupuk, mie, tortilla, dan semua yang berhubungan dengan tepung putih. Banyak nutrisi yang hilang dalam proses produksi, sehingga mereka kaya kalori tapi rendah nutrisi. Mereka juga menyebabkan lonjakan kadar gula yang tidak sehat bagi tubuh kita. Pilihlah karbohidrat coklat (karbohidrat kompleks yang dimurnikan) sebagai gantinya, seperti nasi merah, gandum, oatmeal, dan kacang-kacangan. Mereka datang dengan nutrisi dan vitamin utuh.

20. Miliki tujuan hidup. Kesehatan yang positif dimulai dari dalam! Apakah anda menjalani kehidupan yang berarti? Apakah anda hidup sesuai dengan tujuan anda? Renungkan tujuan-tujuan hidup anda dan hiduplah di dalamnya.

21. Katakan tidak pada makanan berminyak. Mengurangi asupan makanan cepat saji, kentang goreng, donat, keripik, dan makanan-makanan yang digoreng lainnya. Bukan saja mereka dapat membuat gemuk (1 sendok makan minyak setara dengan 120 kalori), makanan yang digoreng juga mengandung akrilamida, bahan kimia penyebab kanker. Menurut laporan BBC, sekantong keripik dapat mengandung zat hingga 500 kali lebih banyak dibanding yang diperbolehkan dalam air minum. Ada alternatif yang lebih baik, seperti dipanggang, dikukus, atau bahkan dimakan mentah.

22. Beralih ke organik. Makanan organik adalah makanan yang diproduksi tanpa “input sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia, tidak mengandung organisme hasil rekayasa genetika, dan tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan kimia lainnya” (menurut Wiki). Makanan organik cenderung lebih mahal, namun apakah anda lebih suka menyimpan uang anda dan memberi makan tubuh anda dengan pestisida atau membayar beberapa rupiah ekstra untuk mendapatkan tubuh yang lebih bersih dan sehat?

23. Singkirkan soda dan kafein. Tips hidup sehat berikutnya adalah menghindari minuman bersoda atau mengandung kafein. Minuman dengan kafein adalah diuretik – yang berarti mereka mempercepat laju produksi urin. Oleh karena itu, minuman ini tidak memberikan kontribusi pada kebutuhan 8 gelas air / hari – mereka justru mengambilnya! Selain itu, soda tidak menyehatkan, menyebabkan kenaikan berat badan, dan stimulan buatan. Jauhi soda dan sebaliknya perbanyak minum air putih atau jus buah segar sebagai gantinya!

24. Jangan konsumsi alkohol. Layaknya kafein, alkohol adalah diuretik. Tidak hanya itu saja, alkohol berulang kali terbukti memiliki efek negatif pada tubuh dan kesehatan kita – mempengaruhi fungsi otak, hati, paru-paru, dan organ-organ besar tubuh lainnya. Jika anda minum alkohol secara teratur, sekarang saatnya untuk menghentikan kebiasaan itu.

25. Siapkan sendiri makanan anda. Ketika anda mempersiapkan sendiri makanan anda, anda mengontrol apa yang masuk kedalamnya. Dapatkan juga beberapa peralatan dapur berkualitas – ini akan menjadi investasi terbaik anda.

26. Belajarlah untuk mengatakan tidak. Jangan merasa anda harus makan hanya karena anda keluar dengan teman-teman anda, atau karena orang lain menawarkan makanan. Cukup katakan tidak atau katakan anda tidak lapar jika anda tidak merasa perlu untuk makan.

27. Membawa botol air ketika anda pergi keluar. Dengan begitu, anda dapat selalu mengisi kembali cairan tubuh anda setiap kali anda menginginkan. Hal ini akan menghemat uang anda juga dengan tidak membeli air, apalagi soda yang tidak menyehatkan, ketika berada di luar.

28. Konsumsi makanan altenatif rendah kalori dan rendah lemak. Ada banyak makanan alternatif rendah lemak / tanpa lemak saat ini – mulai dari yogurt, salad dressing hingga susu kedelai.

29. Berhenti merokok. Salah satu tips yang sering didengungkan untuk hidup sehat adalah berhenti merokok. Telah banyak terbukti bahwa merokok sangat merugikan kesehatan, meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker esophagus, serangan jantung, dan masih banyak lagi. Menghisap rokok “light” tidak akan mengurangi resiko kesehatan. Intinya – jika anda seorang perokok, berhentilah, bukan hanya demi kesehatan diri anda yang lebih baik, tetapi juga keluarga dan teman-teman anda. Jika anda memang tidak merokok, tetaplah seperti itu dan jangan tergoda untuk memulai. Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, dapat memaca artikel 20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok.

30. Hindari merokok pasif. Menghirup udara dari perokok menyebabkan banyak penyakit jangka panjang sama halnya dengan merokok langsung (menurut Wiki). Menjauhlah dari para perokok dan hindari asap rokok di mana pun anda bisa.

31. Dapatkan makanan ringan yang sehat. Jika anda lapar diantara jam makan, makanlah makanan ringan yang sehat, seperti buah-buahan, salad, dan jus buah. Makanan-makanan ini adalah nutrisi dan tidak memberikan asupan gula secara cepat. Hindari mengkonsumsi kue dan permen.

32. Menjalani diet vegetarian. Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa diet vegetarian bukan berarti membawa pada kesehatan yang lebih baik, karena banyak makanan vegetarian di luar sana yang tidak sehat (seperti sayuran yang digoreng). Namun jika kita menjalani diet vegetarian dengan baik akan membawa efek positif terhadap kesehatan mental dan fisik kita.

33. Menjalani diet vegan. Seorang vegetarian adalah seseorang yang tidak mengkonsumsi produk hewani. Seorang vegan adalah seseorang yang tidak mengkonsumsi produk hewani termasuk produk yang berasal dari hewan. Ini berarti tidak ada susu, madu, keju, dll. Jadi diet vegan tampaknya lebih ketat dibanding diet vegetarian, namun membawa manfaat yang lebih positif.

34. Pergi keluar lebih sering. Jika anda adalah orang yang super sibuk, kemungkinan anda menghabiskan sebagian besar waktu anda bersembunyi di kantor dan tidak banyak waktu untuk pergi keluar dan bersenang-senang. Bahkan mungkin selama akhir pekan pun anda sibuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas anda. Sediakan waktu untuk pergi keluar dengan teman-teman atau keluarga setidaknya sekali seminggu dan komitlah untuk itu. Ini akan menjadi dampak besar untuk tubuh dan jiwa anda.

35. Bergaul dengan orang sehat. Tips hidup sehat terakhir adalah siapa yang menjadi teman anda. Anda adalah cerminan dari rata-rata 5 orang dimana anda menghabiskan sebagian besar waktu dengannya. Jadi lebih banyak waktu yang anda habiskan bersama dengan orang-orang yang sehat, akan semakin baik. Makanlah bersama dengan orang-orang yang sadar akan kesehatan dan dapatkan teman-teman berlatih. Itu akan membuat hidup sehat lebih menyenangkan.

Semoga artikel hidup sehat diatas berguna dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar