Sabtu, 26 November 2016

10 Tips untuk Hidup Sehat


Ingin serius tentang kesehatan dan kesejahteraan? Sekarang adalah waktu terbaik untuk memulainya! Anda tidak perlu menunggu sampai tahun baru untuk menyingkirkan kebiasaan jelek dan membuat perubahan yang sehat.

Dr. Mehmet Oz, penulis buku terlaris New York Times dan pembawa acara "The Dr. Oz Show" memberikan tips untuk menjalani hidup yang sehat :

1. Kembangkan rutinitas pagi yang singkat

Jadwal harian memang sangat penting, terutama di pagi hari ketika Anda segera bergegas untuk beraktivitas, namun sisihkan waktu untuk sarapan terlebih dahulu.

"Anda tidak harus langsung sarapan segera setelah Anda bangun, namun jangan melewatinya," kata Oz.

2. Perbanyak serat

Serat menstabilkan metabolisme tubuh Anda. "Memasukkan serat dalam sarapan mengakibatkan berkurangnya rasa lapar di sore hari ketika Anda sangat lelah dan ingin minum yang manis-manis,” Ujar Oz.

Beberapa makanan yang kaya serat ialah roti gandum, bayam, kale, brokoli, kacang Almond, dan lentil.

3. Tidur yang cukup

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan. Menurut studi pada 2004 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, menyebutkan bahwa kekurangan tidur, dapat memperlambat metabolisme tubuh, sehingga membuat kita lebih sulit untuk mengurangi berat badan. Oz merekomendasikan untuk mendapatkan setidaknya tujuh setengah jam waktu tidur setiap malam.

4. Ambil suplemen

Dr. Oz mengatakan bahwa suplemen yang paling penting untuk wanita adalah Vitamin D, karena baik untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium. Makanan yang mengandung vitamin D ialah salmon, hati, dan telur.

5. Berolahraga di pagi hari

Mulai hari dengan rutinitas peregangan badan. Cara terbaik untuk membakar lemak adalah membangun kekuatan otot, seperti sit up atau push up.

6. Singkirkan junk food

Hindari produk yang mengandung gula, sirup , lemak jenuh , lemak trans, dan tepung putih karena mereka tidak memiliki nutrisi penting untuk tubuh.

7. Jangan minum dua minuman beralkohol berturut-turut

Lebih baik ganti dengan segelas air putih atau jus, sehingga akan membuat tubuh Anda mendapat asupan cairan yang pas dan tidak memabukkan. Dan minum secukupnya untuk mengurangi jumlah kalori.

8. Dapatkan seks yang teratur

Seks merupakan kunci untuk kesehatan mental dan fisik. Hidup seseorang dapat memanjang sampai tiga tahun dengan melakukan seks dua kali seminggu dibandingkan dengan orang yang mendapatkannya hanya dua kali setahun.

9. Lakukan mamogram dan pap smear 

Sesuai dengan pedoman yang diposting di situs Web Oz , pap smear untuk kanker serviks harus dimulai tiga tahun setelah dimulainya aktivitas seksual atau pada usia 21, tergantung mana yang lebih dulu. Namun, lebih baik wanita melakukannya secara tahunan.

Untuk mamogram, Oz menyarankan untuk tunggu hingga usia 50 tahun. Ia juga menganjurkan semua wanita untuk melakukan pengecekan pada payudaranya secara rutin.

10. Turunkan kebiasaan sehat pada anak

"Kita harus mengubah lingkungan mereka untuk membuat aktivitas fisik tampak lebih alami," ujar Dr. Oz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar